BAB 1
PENDAHULUAN
a. Latar Belakang
Hotel merupakan fasilitas yang sudah menjadi kebutuhan yang sangat
penting bagi masyarakat meliputi kebutuhan traveling antar kota dalam urusan
bisnis maupun wisata. Hotel yang terletak di tengah kota dengan prospek yang
menjanjikan tentunya memerlukan suatu system reservasi demi kelancaran
pelayanan. Hotel dengan pelayanan yang memuaskan dan menyediakan fasilitas
kamar dengan beberapa kelas, laundry, hingga restoran pasti akan banyak
dikunjungi para tamu yang akan menginap. Mengingat banyaknya jumlah tamu yang
berkunjung, maka masalah dalam pengelolaan informasi persediaan kamar, layanan
kamar, laundry hingga restoran menjadi sangat penting. Oleh karena itu, perlu
kiranya dibuat sebuah sistem informasi reservasi hotel sehingga pengelolaan informasi
persediaan kamar, daftar harga kelas dan layanan kamar, pengelolaan daftar
tamu, pencarian daftar tamu dan kamar, pengelolaan daftar tamu cheek-in dan
cheek-out, pencetakan laporan harian, mingguan, bulanan dapat dilakukan secara
cepat, mudah dan akurat.
b.
Ruang Lingkup
Adapun
ruang lingkup dari sistem informasi reservasi Hotel ini adalah sebagai berikut
:
1. Pembangunan data base harga kelas kamar,
layanan kamar.
2. Mengelola kamar kelas dari stok kamar hingga
harga kamar.
3. Mengelola daftar tamu
4. Menu pencarian daftar tamu dan kamar.
5. Mengelola cheek in dan cheek out tamu.
4. Pembuatan sistem yg dapat mengeluarkan /cetak laporan
transaksi dan kegiatan harian,
mingguan dan bulanan.
c.
Tujuan Proyek
Tujuan
dari pengembangan Sistem Informasi Reservasi Hotel ini dapat dijabarkan sebagai
berikut :
- Menghasilkan perangkat lunak untuk aplikasi Sistem informasi reservasi hotel yang memiliki fitur-fitur standar seperti informasi data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan harian, mingguan, bulanan dan sebagainya.
- Dengan adanya sistem informasi ini diharapkan dapat membuat proses administrasi hotel menjadi teratur dan akurat serta informasi yang diperlukan dapat disajikan dengan cepat, tepat, akurat.
- Sistem informasi ini dapat digunakan untuk membantu dalam mengetahui data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, laporan kegiatan dan transaksi hotel harian, mingguan, bulanan, dan mendapatkan hasil laporan yang akurat dan benar .
- Data record transaksi dapat tersimpan dengan aman.
- Dapat meminimalisir bahkan menghilangkan kesalahan-kesalahan yang mungkin seperti yang terjadi jika menggunakan pencatatan secara manual.
- Dapat mengetahui dengan cepat dan mudah kamar dan kelas yang paling laku sehingga dapat menambah service pelayanan kamar yang lebih memuaskan.
- Mempermudah pencarian data transaksi cheek-in cheek-out dan data tamu yang berlangsung beberapa hari/minggu /bulan sebelumnya.
- Dapat mencegah adanya data-data yang hilang seperti halnya yang kadang terjadi jika melakukan pencatatan secara manual.
d.
Keuntungan yang Diharapkan
Dengan
adanya sistem informasi reservasi hotel ini diharapkan akan menghasilkan sistem
administrasi hotel yang baik dan akurat, mempermudah kerja resepsionist dan
admin dalam pencarian data kamar dan kelas serta data tamu. Dan pembuatan
laporan harian, mingguan, bulanan sehingga mendapatkan efisiensi waktu dan
keakuratan data.
BAB
II
DESKRIPSI
SISTEM INFORMASI / PERANGKAT LUNAK
a.
Deskripsi Sistem
Sistem ini
merupakan sistem yang dapat melakukan proses pengumpulan data dan penyajian
informasi secara otomatis tentang daftar harga kamar dan kelas, data kamar
kosong dan yg terisi, data cheek-in cheek-out serta data tamu. Input data dari
computer recepsionist dan admin yang
akan diproses sehingga menjadi data yang akurat. Keluaran dari system ini
berupa data yang bersifat update sehingga dapat membantu kerja resepsionis dan menunjang
system administrasi hotel.
b.
Teknologi yang Digunakan
Perangkat
keras yang digunakan dalam system ini adalah perangkat keras yang mendukung
proses penerimaan pengolahan data. Perangkat yang dibutuhkan adalah :
1. Perangkat
komputer dengan system operasi Windows 7 Ultimate, prosesor Intel Core Duo.
2. Jaringan
LAN yg menghubungkan antar computer recepsionist dengan admin.
Perangkat Lunak :
1.
Windows 7 Ultimate sebagai sistem operasi.
2.
Visual basic 6.0
3.
MySQL sebagai
server database.
c. Batasan
Sistem
Untuk menghindari meluasnya pembahasan dalam system informasi ini, maka penulis memiliki beberapa batasan masalah, antara lain:
Untuk menghindari meluasnya pembahasan dalam system informasi ini, maka penulis memiliki beberapa batasan masalah, antara lain:
- Sistem Informasi Reservasi Hotel akan dibangun dengan menggunakan program Visual Basic 6.0 dan MySQL sebagai server databasenya
- Pengambilan inputan data berdasarkan data yang diperoleh dari Hotel.
- Sistem informasi yang akan dibangun hanya menampilkan dan menyajikan informasi data kamar dan kelas yg kosong dan terisi, data tamu, data transaksi cheek-in dan cheek-out, pembuatan laporan kegiatan dan transaksi hotel per-harian, mingguan, bulanan dan sebagainya..
BAB III
METODOLOGI KERJA
a.
Survey Kebutuhan
Mempelajari proses bisnis yang berlangsung di Hotel, mengidentifikasi fungsi-fungsi bisnis
yang diperlukan sehingga bisa disimpulkan kebutuhan aplikasi perangkat lunak
secara pasti.
b.
Analisis dan Perancangan Sistem
Melakukan desain sistem secara detail, mulai dari Context
Diagram, DataFlow Diagram (DFD), desain file, desain
tabel, relasi tabel dsb sehingga membentuk sistem lengkap sesuai dengan
fungsi-fungsi bisnis yang dikehendaki.
c.
Pemrograman
Melakukan coding untuk merealisasikan desain fungsi
yang telah dibuat.Jumlah baris coding ini turut menentukan
besar-kecilnya harga perangkat lunak yang dibuat.
d.
Pengujian
Dilakukan
untuk mengetahui apakah pekerjaan pemrograman telah dilakukan secara benar
sehingga bisa menghasilkan fungsi-fungsi yang dikehendaki. Pengujian juga
dimaksudkan untuk mengetahui keterbatasan dan kelemahan program aplikasi yang
dibuat untuk sebisa mungkin dilakukan penyempurnaan.
e.
Dokumentasi
Dalam sebuah proyek bisa terdiri dari beberapa dokumen.
Dokumen dibuat untuk melihat kemajuan proyek yang sedang dikembangkan,
sebagai referensi untuk troubleshooting bila terjadi kendala, sebagai
pedoman operasional dsb.
f.
Pelatihan
Sebelum diserah terimakan ke user, pihak developer
proyek perangkat lunak bertanggung jawab melatih user atau
operator /recepsionis /reservasi Hotel yang hendak mengoperasikan program
aplikasi yang telah dibuat. Pihak pengembang juga berkewajiban memberikan
informasi yang benar dan terbuka sehingga tidak menyulitkan para pengguna di
kemudian hari.
g.
Pemeliharaan
Proyek perangkat lunak tidak bisa selesai begitu saja
setelah diserahterimakan, tetapi masih berlanjut hingga tenggat waktu yang
cukup untuk memastikan bahwa produk perangkat lunak yang telah diserahkan
tersebut bisa beroperasi dengan baik dan tidak ada kendala yang berarti.
h.
Tenaga Ahli
Untuk
melaksanakan proyek sistem informasi reservasi Hotel ini disiapkan SDM 4 orang
dengan peran rangkap seperti dalam tabel di bawah ini :
i.
Struktur Organisasi
j.
Penjadwalan Proyek
BAB
IV
PENUTUP
aa.
Kesimpulan
Hotel menggunakan sistem informasi untuk mengolah
transaksi-transaksi, mengurangi biaya, menghasilkan pendapatan sebagai salah
satu produk atau pelayanan mereka, dan membuat berbagai laporan-laporan yang
dibutuhkan oleh manajemen dalam mengambil keputusan.
bb.
Saran – Saran
Membangun sistem informasi
dibandingkan berdasarkan biaya dan keuntungan secara relatif. Biaya adalah
kebutuhan pembayaran untuk perancang dan pengoperasi sistem informasi.
Keuntungan adalah nilai atau kondisi tambahan sebagai hasil implementasi
sistem
informasi.
DAFTAR
PUSTAKA
1.
HM., Yogiyanto, Analisis dan Disain Sistem Informasi : Pendekatan Terstruktur, Penerbit
Andi Offset, Yogyakarta, 1995.
2. Lucas JR, Henry C., Analisis, Desain, Dan Implementasi Sistem Informasi, Penerbit
Erlangga, Edisi Tiga, Jakarta, 1987.
3. http://catatanzarko.blogspot.com/2012/12/contoh-proposal-proyek-teknik.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar